Beberapa Tips agar tidak mudah lupa

TIPS AGAR TAK MUDAH LUPA



Lupa adalah hal yang sangat merugikan bagi kita semua. Orang yang pelupa sering menghadapi banyak sekali kerugian, misalnya seorang yang mempunyai janji untuk membicarakan bisnis pada seseorang, tapi pada saat jam yang dijanjian ternyata lupa dengan janji yang sudah ditetapkan, maka sudah pasti peluang bisnis jadi melayang. Begitu pula seorang pelajar yang pelupa tentu saja akan mengalami banyak hambatan dalam mengikuti pelajaran disekolah, misalnya saja pada saat ulangan akan tiba, biasanya apa yang sudah kita hafalkan akan lupa semua, atau kita susah sekali untuk mengingat pelajaran yang butuh pemahaman yang cukup, tentu saja pelajar ini akan mengalami permasalahan dalam menerima pelajaran dan mengikuti pelajaran tersebut. Nah…tips dibawah ini harapannya akan membantu anda untuk menjadi seorang yang tak pelupa lagi.

Langsung aja ya, silahkan Disimak lagi nih :

1.    Tulis
Begitu banyak pelajaran yang sering diajarkan guru pada saat belajar disekolah, hal ini tentu akan membuat kita lebih banyak untuk menghafal dan mengingat-ingat lagi, nah agar kita tidak sering jadi lupa, maka lebih baik kalau pelajaran yang sudah disampaikan guru tersebut ditulis dalam buku sehingga setiap saat kita butuh kita akan mudah untuk mengingat yaitu dengan membuka kembali tulisan tersebut.


2.    Gambar
Ada orang-orang tertentu yang lebih mudah untuk membaca gambar dari pada harus memandangi tulisan bermenit-manit, nah cara ini juga memudahkan kita untuk mengingat kembali, dan memudahkan pemahaman kita.

3.    Simpan pada tempatnya
Nah ini biasanya terkait dengan barang-barang yang kita punya, tentu kita tidak mau repot pada saat kita butuh persiapan ujian misalnya, semua buku yang akan kita pelajari ternyata tak ada ditempat buku, hal ini tentu saja akan menimbulkan masalah baru bukan? Nah…kalau kita sudah terbiasa menempatkan sesuatu pada tempatnya tentu saja kita tak perlu repol mencari-cari lagi.

4.    Badan yang sehat
Dengan makan makanan yang sehat, cukup istirahat, dan berolahraga. Semua ini penting untuk daya ingat, agar kita dapat terus berkonsentrasi dan senantiasa waspada pada hal-hal yang akan terjadi.

5.    Rekaman
Kadang kita harus mengingat banyak hal tetapi susah bagi kita untuk menulisnya, atau sulit kalau kita menghafal dalam satu kali membaca, maka hal praktis yang dapat kita lakukan adalah dengan rekaman, karena sekarang sudah ada tape recorder kecil yang bisa kita bawa kemanapun, dan kalau kita butuh kita akan mudah untuk mendengarkannya.


6.    Percaya diri
Tanamkan pada diri kita bahwa kita bisa, maka hal ini akan menimbulkan keyakinan kita bahwa kita bisa, namun apabila kita sudah pesimis dan terus-terusan berperasaan kalau kita mudah lupa, maka lama kelamaan akan tertanam dalam diri kita dan akan berubah menjadi keyakinan yang melekat dalam diri kita.

7.    Gunakan post-it
Kertas notes kecil dengan lem akan sangat berjasa bagi kita untuk memudahkan kita mengingat, misalnya saja kita akan menghafalkan rumus-rumus matematika, maka kita bisa menulis rumus tersebut dalam kertas notes dan menempelkan ditempat-tempat yang mudah kita jangkau maka lama-lama kita akan hafal karena hampir setiapkita melihalnya.

8.    Pasang alarm
Dengan memasang alarm kita dapat menggunakannya untuk mengingatkan jadwaljadwal yang kita buat pada hari itu, misalnya jam 15.00 kita punya jadwal untuk pergi les privat, maka dengan memasang alarm tersebut kita dapat menyiapkan diri dan kemungkinan lupa akan lebih sedikit karena alarm itu secara tidak langsung telah mengingatkan kita.

Semoga berguna ya buat semuanya aja.


tips agar tak mudah lupa, trik agar tak mudah lupa, resep agar tidak lupa, resep agar tak menjadi pelupa, menghindari lupa, supaya tidak lupa, agar tidak lupa, resep menghindari menjadi pelupa, menjauhi lupa, resep agar tak pelupa, resep agar tidak menjadi pelupa, resep agar tak mudah lupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Arsip Blog

Translate Language

Cari Di Internet :