Cara belajar efektif dan efisien

KUMPULAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN



Definisi Belajar :
Belajar adalah proses mental yang tidak berdiri sendiri tetapi ditentukan oleh banyak faktor yakni faktor diri sendiri, factor dari luar dirinya serta faktor pendekatan belajar yang digunakan. Perbuatan belajar mengahsilkan perubahan dan ciri khas perubahan dalam belajar meliputi perubahan-perubahan yang bersifat :
a.    Intensional (disengaja)
b.    Positif dan aktif (bermanfaat dan atas hasil usaha sendiri)
c.    Efektif dan fungsional (berpengaruh dan mendorong timbulnya perubahan baru)

Belajar Efektif dan Efisien Ialah :
Belajar dikatakan efektif efisien apabila hasil yang dicapai atau diperoleh seimbang dengan usaha belajar yang dilakukan. Disini terdapat unsur rencana, ketepatgunaan serta kemanjuran pendekatan dan metoda belajar serta waktu atau lama belajar yang digunakan.
Adapun ciri-ciri perilaku individu dengan karakteristik cara belajar menurut DePorter & Hernacki (2001), adalah sebagai berikut: 

A.    Karakteristik Perilaku Individu dengan Cara Belajar Visual
a.    rapi dan teratur
b.    berbicara dengan cepat
c.    mampu membuat rencana jangka pendek dengan baik
d.    teliti dan rinci 
e.    mementingkan penampilan
f.    lebih mudah mengingat apa yang dilihat daripada apa yang didengar 
g.    mengingat sesuatu berdasarkan asosiasi visual
h.    memiliki kemampuan mengeja huruf dengan sangat baik
i.    biasanya tidak mudah terganggu oleh keributan atau suara berisik ketika sedang belajar
j.    sulit menerima instruksi verbal (oleh karena itu seringkali ia minta instruksi secara tertulis)
k.    merupakan pembaca yang cepat dan tekun
l.    lebih suka membaca daripada dibacakan
m.    dalam memberikan respon terhadap segala sesuatu, ia selalu bersikap  waspada, membutuhkan penjelasan menyeluruh tentang tujuan dan berbagai hal lain yang berkaitan.
n.    jika sedang berbicara di telpon ia suka membuat coretan-coretan tanpa arti selama berbicara
o.    lupa menyampaikan pesan verbal kepada orang lain
p.    sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat "ya" atau "tidak'
q.    lebih suka mendemonstrasikan sesuatu daripada berpidato/berceramah
r.    lebih tertarik pada bidang seni (lukis, pahat, gambar) daripada musik
s.    seringkali tahu apa yang harus dikatakan, tetapi tidak pandai menuliskan dalam kata-kata


B.    Karakteristik Perilaku Individu dengan Cara Belajar Auditorial
Individu yang memiliki kemampuan belajar auditorial yang baik ditandai dengan ciri-ciri perilaku sebagai berikut:
a.    sering berbicara sendiri ketika sedang bekerja
b.    mudah terganggu oleh keributan atau suara berisik
c.    lebih senang mendengarkan (dibacakan) daripada membaca
d.    jika membaca maka lebih senang membaca dengan suara keras
e.    dapat mengulangi atau menirukan nada, irama dan warna suara
f.    mengalami kesulitan untuk menuliskan sesuatu, tetapi sangat pandai dalam bercerita
g.    berbicara dalam irama yang terpola dengan baik
h.    berbicara dengan sangat fasih
i.    lebih menyukai seni musik dibandingkan seni yang lainnya
j.    belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada apa yang dilihat
k.    senang berbicara, berdiskusi dan menjelaskan sesuatu secara panjang lebar
l.    mengalami kesulitan jika harus dihadapkan pada tugas-tugas yang berhubungan dengan visualisasi
m.    lebih pandai mengeja atau mengucapkan kata-kata dengan keras daripada menuliskannya
n.    lebih suka humor atau gurauan lisan daripada membaca buku humor/komik 


C. Karakteristik Perilaku Individu dengan Cara Belajar Kinestetik
Individu yang memiliki kemampuan belajar kinestetik yang baik ditandai dengan ciri-ciri perilaku sebagai berikut:
a.    berbicara dengan perlahan
b.    menanggapi perhatian fisik
c.    menyentuh orang lain untuk mendapatkan perhatian mereka
d.    berdiri dekat ketika sedang berbicara dengan orang lain 
e.    banyak gerak fisik
f.    memiliki perkembangan otot yang baik
g.    belajar melalui praktek langsung atau manipulasi
h.    menghafalkan sesuatu dengan cara berjalan atau melihat langsung
i.    menggunakan jari untuk menunjuk kata yang dibaca ketika sedang membaca
j.    banyak menggunakan bahasa tubuh (non verbal)
k.    tidak dapat duduk diam di suatu tempat untuk waktu yang lama
l.    sulit membaca peta kecuali ia memang pernah ke tempat tersebut
m.    menggunakan kata-kata yang mengandung aksi
n.    pada umumnya tulisannya jelek
o.    menyukai kegiatan atau permainan yang menyibukkan (secara fisik)
p.    ingin melakukan segala sesuatu

Nih yang lebih penting lagi... :D

Menemukan Gaya Belajar yang Kita Miliki :
Untuk menemukan gaya belajar yang kita miliki adalah dengan melingkari nomor yang Anda rasa cocok dengan perilaku Anda sehari-hari. Tidak ada jawaban yang benar dan salah dan sebaiknya jawablah dengan jujur sesuai dengan perilaku dan kebiasaan Anda sehari-hari. Jika ragu dengan kebiasaan yang Anda miliki, Anda boleh menanyakan kepada teman sebangku Anda atau teman yang Anda rasa dekat dengan Anda.

Temukan Gaya Belajar Anda & Mulailah!
1.    Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ad adi kaset dari pada membaca buku.
2.    Jika saya mengerjakan sesuatu saya selalu membaca instruksinya terlebih dahulu.
3.    Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan pelajaran.
4.    Saat saya seorang diri, saya biasanya memainkan musik atau lagu atau bernyanyi.
5.    Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku.
6.    Saya selalu dapat menunjukkan arah utara atau selatan dimanapun saya berada.
7.    Saya suka menulis surat atau jurnal.
8.    Saat saya berbicara, saya suka mengatakan, “Saya mendengar Anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus”.
9.    Ruangan, meja, mobil atau rumah saya biasanya berantakan atau tidak teratur.
10.    Saya suka merancang, mengerjakan, dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya.
11.    Saya tahu hampir semua kata- kata dari lagu yang saya dengar.
12.    Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakana dalam pikiran saya.
13.    Saya suka olah raga dan saya rasa saya adalah olahragawan yang baik.
14.    Mudah sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telepon.
15.    Tanpa musik hidup amat membosankan.
16.    Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja.
17.    Saat melihat obyek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali obyek yang sama walaupun posisinya obyek itu diputar atau dirubah.
18.    Saya biasanya mengatakan, “ Saya rasa, saya perlu menemukan pijakan atas hal ini, atau saya ingin bisa menangani hal ini”.
19.    Saat mengingat suatu pengalaman saya seringkali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar di dalam pikiran saya.
20.    Saat mengingat suatu pengalaman saya seringkali mendengar suara dan berbicara pada diri saya mengenai penglaman itu.
21.    Saat saya mengingat suatu pengalaman, saya seringkali ingat bagaimana perasaan saya pada pengalaman itu.
22.    Saya lebih suka musik daripada seni lukis.
23.    Saya seringkali mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon atau dalam suatu pertemuan.
24.    Saya lebih suka melakukan contoh peragaan daripada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian.
25.    Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan cerita.
26.    Saya biasanya berbicara dengan perlahan.
27.    Saya lebih suka berbicara daripada menulis.
28.    Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi.
29.    Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca.
30.    Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya,
31.    Saya lebih suka mengeja dan saya pikir saya pintar mengeja kata- kata.
32.    Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saya saat saya sedang menonton televisi.
33.    Saya suka mencatat perintah atau instruksi yang disampaikan pada saya.
34.    Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang dikatakan orang.
35.    Saya lebih mudah belajar dengan mempraktekkan atau melakukan.
36.    Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam  dalam waktu yang lama.

Lingkarilah angka berikut ini sesuai dengan pernyataan di atas yang telah Anda pilih. Jumlahkan total untuk setiap kategori. Semakin tinggi Angka kategori tertentu berarti semakin suka Anda menggunakan gaya belajar itu.

Gaya Belajar Visual                            Total
2  3  6  7  12  17  19  23  25  30  31  33                     ------

Gaya Belajar Auditori
1  4  8  11  14  15  16  20  22  27  32  34                     ------

Gaya Belajar Kinestetik
5  9  10  13  18  21  24  26  28  29  35  36                 ------

Sudahkah Anda mengetahui gaya belajar Anda?, Jika sudah gunakanlah gaya belajar tersebut untuk belajar. Tips di bawah ini bisa digunakan :
Bagi Pembelajar Visual :
- Membuat Mind Mapping
- Buatlah Sketsa berupa gambar/ diagram dari materi yang sudah dipelajari
- Highlighting ( Memberikan warna pada bagian tekas yang penting )
- Gunakan imajinasi visual pikiran saat mencermati materi yang sedang dipelajari
- Mencatat dengan pena berwarna- warni

Bagi Pembelajar Auditori :
- Saat menghafal, suarakan materi tersebut dalam suara yang keras.
- Gunakan kaset rekaman  saat guru menerangkan di kelas sehingga di rumah    dapat diputar dan dipelajari kembali.
- Sering berdiskusi/tanya jawab dengan guru atau teman
- Konsentrasi denagn penjelasan guru saat berada di dalam kelas, karena pembelajaran ini cocok dengan metode ceramah.
- Buatlah kelompok belajar.

Bagi Pembelajar Kinestetik :
- Buatlah Mind Maping
- Highlighting (memberikan warna pada bagian yang dianggap penting)
- Peragakan/ praktekkan materi yang sedang dipelajari
- Menonton video/ film yangs sesuai dengan materi pelajaran di sekolah seperti peristiwa sejarah, proses terjadinya gunung api, kehidupan binatang dan tumbuhan, dll.

Setiap orang memakai ketiga gaya belajar tersebut dalam belajar, hanya saja ada salah satu gaya yang mendominasi. Tetapi bisa juga diantaranya kita ada yang seimbang diantara ketiganya. Yang terpenting adalah mengoptimalkan kemampuan kita.

Semoga berguna buat semuanya saja ya..



mengenali gaya belajar kita, menemukan gaya belajar kita, mengenali minat belajar kita, definisi cara belajar, cara belajar yang cocok, mengenali cara belajar kita, tips belajar cepat, tips belajar efisien, trik belajar cepat, trik belajar efisien, tips belajar kilat, trik belajar efisien.

1 komentar:

  1. Ada 7 tahun saya jadi tki di singapura akhirnya impian saya tercapai untuk pulang ke indonesia,terima kasih MBAH SERO atas bantuannya,saya bisa berkumpul kembali dengan keluarga di kampung,karna melalui jalan togel sekarang saya bisa sukses,ini semua berkat bantuan MBAH SERO yang memberikan angka 4d bocoran singapura,alhamdulillah dapat 250 juta,saya sangat bersyukur kebun orang tua yang dulunya di gadai buat biaya saya untuk berangkat kesingapura,kini sudah saya tebus kembali,tanpa bantuan beliau mungkin belum bisa saya pulang kampung,terima kasih banyak MBAH SERO jasa-jasamu tidak akan saya lupakan,bagi saudarah2 di indonesia maupun di luar negeri butuh bantuan,apalagi yang terlilit hutang silahkan tlpn atau sms di nomor 082 370 357 999 atas nama MBAH SERO,beliau seorang paranormal yang bisa di percaya,karna sudah memberkan hasil,ingat kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali,jadi giliran anda untuk membuktikannya,inilah kisah nyata dari saya ibu irma tki singapura..

    BalasHapus

 

Arsip Blog

Translate Language

Cari Di Internet :