Cara Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Langsung aja ya....
Dibaca tentang Kiat Percaya Diri nih bro..





Apa itu percaya diri?? he he Nih dibaca :

Percaya diri merupakan salah satu kekayaan bagi diri manusia sebagai makhluk pribadi maupun makhluk sosial. Mungkin dengan sejenak membayangkan jika manusia tidak dibekali dengan rasa malu dan berani akan terbayangkan tatanan kehidupan yang memprihatinkan. Akan tetapi jika manusia atau individu memiliki rasa malu yang berlebihan, maka akan menghambat proses pengembangan dirinya sesuai dengan potensi yang sebenarnya dimilikinya.

    Percaya diri merupakan salah satu sisi yang penting bagi individu sebagai bagian dari pergaulan sosial dan juga aktualisasi diri atau pencapaian puncak prestasi. Sebagai konsekwensinya rasa, rasa percaya diri yang sesuai terkadang mampu memberikan sesuatu yang menakjubkan diluar dugaan logika. Seperti misalnya, seseorang mampu memberikan penjelasan mengenai idenya kepada orang lain dengan baik sehingga diberikanlah orang tersebut dukungan untuk mewujudkan idenya tersebut.
    Bagi sebagian orang, tampil dengan diri apa adannya adalah sesuatu yang kurang menyenangkan atau kurang terasa dapat diakui orang lain. Mungkin ini merupakan wujud dari pandangan negatif diri terhadap diri sendiri tanpa menghargai segi positif dari dirinya. Sehingga akan menimbulkan rasa minder, khawatir, cemas bahkan dapat menimbulkan stress sampai depresi. Pada sisi yang lain, tidak jarang orang yang memiliki beberapa kekurangan secara fisik, materi maupun yang lain dapat mewujudkan atau mecapai prestasi puncaknya atu dengan kata lain mencapai ”sukses”.
    Dalam dunia psikologi, percaya diri merupakan pokok bahasan yang satu sisi bagiannya dipelajari untuk membantu dalam upaya mengembangkan atau memberdayakan individu dalam mecapai prestasi puncak sesuai dengan kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya. Jika seseorang termasuk dalam kategori orang yang kurang percaya diri, maka perlu untuk mengembangkannya. Demikian pula dengan yang sudah memiliki rasa percaya diri yang baik, sekiranya perlu untuk mengembangkan rasa percaya diri tersebut. Tentusaja rasa percaya diri yang dimaksud adalah dalam taraf yang wajar (proporsional)..

Eng Ing Eng.... he he... dan inilah yang penting sajian dari nanggung.blogspot.com....
Lanjut bacanya yuk... :D
He he...

Inilah 5 cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri :


1.    Memuji diri sendiri
      Seseorang tidak perlu ragu untuk memberi selamat pada diri sendiri ketika  berhasil meraih prestasi, walau sekecil apapun. Caranya yaitu dengan berbicara pada diri sendiri, misalnya ”wow... saya memang pantas mendapatkannya karena saya telah bekerja keras”. Kalau perlu berikan hadiah pada diri sendiri, misalnya dengan membeli sepatu atau jam tangan yang telah lama diinginkan. Lagipula memuji diri sendiri sepanjang tidak merugikan dan mengganggu orang lain dapat berpengaruh positif pada diri sendiri. Seseorang dapat menjadi lebih bersemangat dan pantang menyerah. Tindakan ini dapat membantu diri lebih percaya diri dan optimis dalam mengerjakan apapun, terutama dalam melaksanakan tugas-tugas yang dimilikinya.

2.    Membuat orang lain menghormati diri (Anda)
      Perlu untuk diingat, seseorang tidak dapat memaksa orang lain untuk menghormati diri kita sendiri jika seseorang tersebut tidak menghormati diri sendiri sendiri dan orang lain. Cara bicara yang seenaknya dan gaya berpakaian yang tidak sopan adalah contoh bahwa diri sendiri tidak menghormati diri sendiri. Jika seorang individu merasa orang lain menghormatinya, tentu ia akan merasa akan lebih percaya diri dalam mekakukan apapun. Tentu saja seseorang tersebut bisa membuat orang lain agar menghormatinya tanpa memberikan kesan “gila hormat”.

3.    Tidak Takut Gagal
      Orang yang takut gagal mustahil bisa mempunyai rasa percaya diri yang lebih baik. Mereka yang takut gagal selalu dihantui rasa bersalah setiap ingin melakukan apapun. Hal ini jelas akan mengahambat kemajuan karir ataupun tugas-tugas yang harus dijalankannya. Jika pernah mengalami kegagalan di masa lalu lebih baik tidak dijadikan kegagalan itu sebagai masalah “traumatis”, Tetapi sebaliknya adalah menjadikan kegagalan itu sebagai pengalaman dan pelajaran berharga untuk meraih yang lebih baik. Dengan mengenyahkan rasa cemas dan takut “gagal” otomatis rasa percaya diri akan tumbuh. Mungkin perlu untuk diingat kembali salah satu pepatah yang sesuai dengan uraian ini, yaitu “Kegagalan adalah sukses yang Tertunda”.

4.    Membuat target sukses yang lebih luas
      Membatasi target sukses hanya akan membuat diri seseorang terbelenggu pada ukuran sukses yang sesungguhnya amat relatif. Umumnya, jika sudah mencapai kesuksesan yang diinginkan, seseorang akan merasa puas dan akan berhenti sampai disitu saja. Sehingga seseorang tersebut merasa tidak perlu berjuang lebih keras. Karena itu lebih baik untuk tidak membatasi target kesuksesan. Sekali menargetkan kesuksesan, maka akan sulit untuk lebih maju dan berkembang. Dan perlu untuk diingat, setiap kali seseorang memimpikan sukses, maka setiap kali itu pula seseorng akan merasa lebih pede dalam menggapainya.

5.    Meyakini Untuk Bisa
      Menanamkan keyakinan pada diri sendiri bahwa bisa melakukan dan menyelesaikan pekerjaan apapun, bahkan yang paling sulit sekalipun. Dengan demikian seseorang telah berpikir positif terhadap diri sendiri. Hal ini dapat memberi kekuatan dan menumbuhkan percaya diri pada diri seseorang setiap kali ingin melakukan sesuatu.

Kegunaan Rasa Percaya Diri :


Pada dasarnya, rasa percaya diri ini diperlukan untuk membantu dan mendorong keberhasilan seseorang dalam mencapai prestasi puncak yang diinginkan. Akan tetapi, rasa percaya diri yang berlebihan dapat saja menimbulkan kesombongan dan tinggi hati. Salah satu yang sangat perlu untuk diigat adalah, bahwa percaya diri (PeDe) saja tidak cukup untuk mencapai puncak prestasi, akan tetapi tetap harus diimbangi dengan usaha yang keras sekaligus doa kepadaNya dan beberapa factor pendorong lainnya.

Semoga Bermanfaat ya buat sodara sodaraku semua... :-)

Trik agar percaya diri, tips percaya diri, resep percaya diri, mendorong percaya diri, tugas percaya diri, mengatasi kurang pd, meningkatkan percaya diri.

1 komentar:

 

Arsip Blog

Translate Language

Cari Di Internet :